Adek Centil

Entah apa yang terjadi belakang ini, adik bungsu gue jadi centil banget. Dia jadi perhatian banget sama perawatan muka. Padahal, anak itu aslinya jarang mandi, apa lagi cuci muka. Terus, pada suatu siang bolong, pas dia buka kulkas dan menemukan sisa masker wajah brotowali, dia langsung minta dimaskerin. Sebelumnya banyak pertanyaan dulu sih. “Ini apa nih? Masker? Biar apa nih?”

Baru pertama kali maskeran, riweuh banget. “Cuci mukanya kapan?” “Habis ini diapain nih?” “Berapa lama nunggunya?” “Boleh sambil tidur, nggak?” dan seterusnya dan seterusnya dan seterus-terusnya. Astaga, bawel banget. Akhirnya setelah beres cuci muka, dia langsung nyamperin kita dan bilang, “Aku ganteng banget ya abis maskeran.” Duh, Dek. Gemes.

Gue pikir bakal berhenti sampai di situ aja. Rupanya lanjut, dong.  Sekarang tiba-tiba dia nanyain komedo. (gue juga nggak tahu dia belajar komedo dari mana) terus nanya, “Un, gimana ya cara ngilangin komedo? Pake pinset itu ya? Aku mau ngilangin komedo nih” (belajar dari mana lagi dia ngilangin komedo pake pinset?!). “Iya sih, dek. Tapi kalo pake pinset sakit dan harus di salon. Mending pake porepack aja.” Dan anak itu langsung nanya, “Uni punya?” gue jarang pake porepack, tapi gue inget kalau nggak lama pernah beli. “Kayaknya ada deh, tapi lupa dimana.” Harusny gue nggak bilang sih ya, soalnya abis itu dia langsung heboh nyari dan nyuruh mbak ART untuk nyari juga. Dan dia bahkan nggak tahu porepack itu bentuknya kayak apa. Tepuk jidat deh gue.

Finally, found one! Biore porepack yang black dan isinya tinggal 3.  Semangat banget mukanya, pas nemu. Padahal baru pertama kali tahu bentuknya kayak gitu! Ya Allah dudul ah, gue ketawa geli aja lihat kelakuannya. Emak Babe gue, adek tengah gue udah geleng-geleng kepala.

“Un, pakein un.” Dia nyuruh gue sambil ngasih porepack yang udah dibuka ke gue. “Baca dulu instruksinya!” gue udah mulai kzl. Haha. Dia yang semangat tapi nggak mau repot. Dasar si adek, pingin gue gigit!

Percobaan pertama, gagal. Dan gue juga bingung gimana kok ya bisa gagal cuma pake porepack doang. Tapi ini sebagian besar salah gue sih, gara-garanya gue skip jadinya itu porepack lecek pas gue pegang. But second attempt berhasil dong. (Masa iya nggak berhasil?!)

Adek 1
Mukanya kok kesenengan banget ya Adek gue.

si bocah baru tahu kalau mau pake begituan harus basahin hidungnya dulu. Dan gue baru nyadar dari situ kalau ternyata pengetahuan cowok tentang perawatan tubuh itu benar-benar terbatas. Terus dia juga baru tahu kalau cabut porepack rasanya sakit. Haha. Tapi abis itu, karena masih ada satu sisa, dia mau coba untuk komedo di atas bibir. Astaga, gue ngebayangin pas dicabut gimana rasanya, apalagi kalau sampe kumis-kumisnya ketarik juga. Belum lagi nempelinnya di bawah hidungnya itu, bikin dia jadi kayak Mario-nya Mario Bros. Terserah dia aja lah. Tapi untungnya anaknya dodol, jadi dia lupa basahin bagian tersebut dan batal lah nyabut komedo di situ. Nggak jadi sakit. Alhamdulillah.

Adek 2
Mario Bros ala porepack

 

Beberapa minggu kemudian, di saat gue pikir obsesi mau jadi gantengnya itu udah kelar, dia tiba-tiba minta face moisturizer. “Un, mau face moisturizer dong. Masa muka aku kering, jelek banget nih.” Ya Allah! “Kamu tahu dari mana muka kamu kering, Dek?” gue nggak yakin dia tahu jenis-jenis kulit muka. “Dari temen aku. Ada putih-putih di muka aku, aku garuk terus malah berdarah.” Sebagai kakak yang baik, akhirnya gue kasih lah moisturizer muka gue. Kebetulan kulit muka gue termasuk jenis kulit kering, jadi gue punya moisturizer aloe vera buat hydrating. Manjanya adek gue (atau dodolnya) dia minta dipakein juga karena nggak ngerti cara pakainya. Huftness, Dek. Tapi gue biarin aja biar dia belajar sendiri. Terus dia pakainya kayak cuci muka. Dan dia teriak-teriak sakit kepedesan karena ada bekas luka garukannya. Lupa gue kalau kena luka terbuka bikin sakit. Kasihan juga tuh anak. Ya udah lah, derita dia. “Kamu makanya pakai sabun muka yang benar dong.” Adek gue bilang, “aku udah pake sabun muka yang benar, un. Nggak pake sabun mandi. Aku bisa bedain kali.” Terus gue bilang, “maksudnya sabun muka untuk kulit kering.” Adek gue bilang, “oh, aku mah tahunya sabun muka aja, nggak ngerti kalo beda.” See! Cluesless AF.

Gue nggak pernah kebayang  quality time gue sama adek gue adalah maskeran . Entah apa motivasinya anak itu mau jadi ganteng, gue nggak ngerti. Katanya dia mau jadi music director band, jadi harus ganteng, soalnya kalau ganteng lebih cepat terkenal. Yah, gue aminin aja deh segala doa dan cita-cita lo, Dek. Asal jangan aneh-aneh mah gue dukung. (tapi sekarang aja udah random banget. Heuh)

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s