Oleh-oleh tugas KesLing

Hari minggu yang lalu, saya dan teman saya, Time, mengerjakan sebuah video kesehatan lingkungan. Aspek yang kami ambil adalah sampah dan dampak negatifnya. Selama beberapa jam itu, kami mencari-cari video di Youtube tentang kerusakan lingkungan akibat sampah yang tidak tertanggulangi, misalnya banjir. Ada satu aspek yang ingin kami soroti, yaitu sampah pada lingkungan air atau sungai (di dunia kesehatan lingkungan kami menyebutnya hidrosfir).

Lalu kami mencari-cari video di Youtube dengan berbagai macam keyword, namun hasil yang keluar selalu ‘ngaco’. Keyword-keyword yang kami coba bermacam-macam mulai dari: “pencemaran sungai” hingga “sampah sungai ciliwung”. Percayalah, saat kami menggunakan keyword “sungai kotor” salah satu video yang muncul berjudul “Ngintipin cewek mandi di sungai” (??).

Akhirnya setelah menggunakan keyword “dirty river” kami menemukan video ini. Video ini tentang sungai Citarum. Beredar sekali berita tentang sungai Citarum ini, hingga manca negara mengatakan bahwa sungai ini merupakan sungai paling kotor di DUNIA! Ini ada di negera kita loh, bahkan dekat dengan tempat kita menuntut ilmu.

kata-kata pembukanya: “It’s been called the most polluted river in the world, Indonesia’s Citarum. In 20 years it’ll become the dumping ground of untreated waste from some 2000 factories and domestic refuge from 9 million people. That’s 2000 meter cubiuc of trash everyday just from homes.” 

Teman-teman, ini di Jawa Barat loh…

Advertisements

7 thoughts on “Oleh-oleh tugas KesLing

  1. oh ya?? gw kira sungai paling kotor di dunia bakal ada di India atau Nigeria gitu. Aaahh… jadi malu

  2. @ joice: semoga sungai2 di kampung lo tetap terjaga ya, joo… hiks.. masa di Indonesia negara yang kayak gini kagak ada sungai bersih. kasian… negara industri juga bukan padahal… ckckck…

    @ nadia: gak tau tuh, nad. mungkin bisa kali ya si ITB ngelakuin apa-apa, tapi kalo kata emak gw mah masalahnya di “pemanfaatan” duit-nya, nad… susah deh kalo gituu..

  3. wondering:
    berapa lama waktu yang dibutuhkan indonesia untuk membersihkan sungainya sampai seperti sungai seine..

    dan berapa ya biayanya?

    apakah suatu hari nanti, sungai di seluruh indonesia bisa bersih, sampai kita bisa hepi piknik di pinggir sungai?? hmm misalnya sungai ciliwung gitu..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s