Panda

Gue baru baca situs tentang panda. the giant panda yang kata orang-orang terancam punah. Dari situs itu gue mengerti kenapa para panda itu terancam punah. Ternyata panda itu hewan yang masa suburnya sangat singkat (cuma 24-72 jam pr 3 tahun) di samping itu, para new mommy panda adalah ibu-ibu yang agak ceroboh dalam menjaga anak. Padahal bayi panda yang baru lahir itu keciiiiiil banget, cuma 10cm dan beratnya sekitar 100gram.

Bayinya sekecil itu, tapi mamanya gedeeee banget! bisa beratus-ratus kilogram. cara mereka membawa bayinya itu kya gini:

agak menyeramkan bukan?

1. nah, kadang-kadang keteledorannya terjadi saat ia membawa bayinya itu. *udah kebayang blom gimana accident-nya?* ibu-ibu panda yang baru banget punya bayi biasanya tanpa sengaja menggigit bayinya. *awww!*, terus, karena sangat lemahnya bayi panda, mereka akhirnya….

2. saat menyusui: saat bayi panda menyusu, ibu panda sering ketiduran. ibu panda kalo tidur bisa sampe dua harian dan kebiasaan tidur mereka sama kayak sebagaian dari kita, berguling-guling. Saat tidur, mereka nggak sadar anaknya masih menyusu, terus mereka berguling-guling, terus akhirnya anaknya yang sangat amat mini itu tertindih sama ibunya yang badannya amat sangat gigantik, akhirnya organ dalam (jantung, hati, paru-paru) sang anak hancur dan anaknya….

3. di hutan liar, bayi panda sangat kecil dan lemah dan sangat membutuhkan perhatian penuh dari si ibu. kalau tiba-tiba setelah melahirkan si ibunya sakit, anaknya bisa-bisa nggak keurus. kalo nggak keurus anaknya bisa jadi mangsa hewan lain, ato mati karena kelaparan nggak ada yang menyusui.

4. kemungkinan panda melahirkan bayi kembar itu lumayan besar, sekitar 40%, sangat menguntungkan untuk pertumbuhan populasi panda bukan? tapi semua ibu panda hanya mau mengurus satu bayi saja setiap periode-nya. jadi kalau ia melahirkan bayi kembar, anak yang satu lagi akan ia buang.

Udah gitu, bayi panda itu tumbuhnya lama. dia menyusu pada induknya sampe umur 2 tahun. setelah itu, ia baru dewasa saat berusia 5-7 tahun.

panda sulit sekali untuk bereproduksi, hal itu disebabkan karena masa suburnya yang singkat. selain itu panda juga merupakan hewan yang sangat pemalu. jika ada dua pasang panda dalam satu kandang, dalam 1-2 tahun kemudian, belum tentu kita akan menemukan seekor bayi panda mungil disitu. panda hanya akan kawin dengan partner yang disukainya. kalo mereka saling tidak suka, jangan harap ada bayi panda.

makanya para ilmuan mencoba inseminasi buatan. tapi hal itu juga sulit, karena masa subur panda betina tidak gampang dideteksi. bahkan kehamilan pun sulit sekali terdeteksi. makanya para ilmuan banyak yang kecolongan.

inovasi terakhir dari para ilmuan adalah video pandaporn, *kalo baca kata ini, apa yang kebayang coba?*. kalo setelah mendengar istilah ini dan membayangkan sebuah film tentang para panda yang sedang mating *a.k.a kawin*, anda benar sekali. para ilmuan membuat video ini untuk merangsang gairah sex para panda. berpengaruh? tentu iya. bahkan banyak panda yang belajar kawin dari melihat video ini *jadi sebelumnya mereka nggak ngerti cara kawin, hewan yang lugu!* banyak juga yang akhirnya memiliki baby panda, tapi tetap jumlah panda yang berhasil, sangat sedikit.

kasian para ilmuan.

untuk lebih jelasnya, dapat diliat di: http://www.lifeinthefastlane.ca/astonishing-baby-pandas-and-births

Advertisements

12 thoughts on “Panda

  1. ya ampuunn fan..
    kalo gw jadi ibu.. gw ga mau kayak ibu panda..

    hehehe…..

    jadi bukan salah kita dong si panda punah..
    salah dia sendiri…

  2. buset pandaporn,,

    suruh ilmuwan indonesia bikin yg sejenis buat elang ama harimau,,

    eh harimau mah jgn deng ntar harot nya ke penduduk sekitar kan bahaya..wekekekek

  3. Fan…panda aja tau malu…
    masa lu kaga?

    Jangan nonton pandaporn apalagi bokep ya fan…
    ntar lu tambah gak tau malu sampai malu2in
    wkwkwk..

  4. ya ampun fan??
    gk brani nulis yph??
    masa gk bisa nulis mati sii??
    ini loh!!
    lemahnya bayi panda, mereka akhirnya….
    MATII!!
    sang anak hancur dan anaknya….
    MATII!!
    kn gmpang .
    nulisnya:
    em-a-te-i
    m-a-t-i
    MATII!!
    matekk
    klau mau pisui aku,,
    buka n fs ku yph!!
    d:
    stefani_blue.angel@yahoo.com
    sorii klu salah cetak,pandaPORN!!
    Matekk .
    Belajar nulis ya,
    Tek!!

  5. Yaa.. Ampun…
    Aku terharu banget sama semua ceritanya..
    Aku kira selama ini,
    Karena panda itu besar,
    Bayinya pun juga besar,

    Ternyata,.. Kecil banget…
    Belum lagi karena sebagian besar panda mati karena perbuatan ibunya sendiri…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s